CONTOH PROGRAM KERJA INOVATIF DUTA GENRE



CONTOH PROGRAM KERJA INOVATIF DUTA GENRE
“PAS 8” (Pendidikan, Advokasi, Sosialisasi) merupakan gagasan program dengan maksud untuk lebih memasyarakatkan program Generasi Berencana (GenRe) baik di sekolah/universitas maupun masyarakat. Melalui program ini diharapkan remaja tidak hanya mengenal genre, namun mereka dapat mencari, mengenali dan menggali potensi yang ada sehingga dapat mewujudkan remaja Indonesia yang mandiri, mempunyai integritas, etos kerja dan gotong royong sesuai dengan konsep Revolusi mental. Oleh karenanya Program “PAS 8” (Pendidikan, Advokasi, Sosialisasi) ini dapat dikatakan juga sebagai kaki tangan dari pengaplikasian Genrevolution berteman yang merupakan indikator dalam rangka memaksimalkan Bonus Demografi dan sesuai dengan jargon  Indonesia Kerja Nyata.
Program “PAS 8” (Pendidikan, Advokasi, Sosialisasi) dilaksanakan meliputi :
a.    Pendidikan (Pelatihan, Penelitian, & Pendampingan)
1.      Got (Genre On Action) 
Kegiatan ini membangkitkan kesadaran dan membangun sikap optimistik dalam menatap masa depan, sesuai dengan esensi dari program genre itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada momentum hari besar nasional maupun internasional, seperti :
-          Kampanye STOP Nikah Muda dlam rangka peringatan Kemerdekaan RI dan HUT Kabupaten Wonosobo
-          Extrashow Lintas Forum Anak/ Remaja dalam rangka Hari Anak Nasional.dll

2.      Gemes Kit (Genre Merangkul Semua melalui Bakat-Minat) 
Kegiatan Ini dimaksudkan dalam rangka pembinaan, pengajaran, pengarahan serta pendampinagn kepada remaja bakat dan minat remaja guna mempromosikan program genre sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh remaja.
Pelaksanaan Program/Kegiatan Gemes KIT dibagi menjadi 3 period (tahapan) sehingga tujuan yang hendak dicapai dapat optimal. Adapun period (tahapan) tesebut andara lain :
o    DP (Door Period)
DP (Door Period) adalah tahap pengenalan program genre memalui  KIE ramah remaja dengan melakukan pendekatan sesuai dengan situasi dan kondisi remaja. Tahap ini dapat diaplikasikan memalui : permainan Genre Kit, Film Pendek, mading digital, poster, outbond dll
Tujuan dari tahap ini adalah untuk menarik dan membuat remaja minimal memiliki rasa ingin tahu tentang generasi berencana. Tolak ukur keberhasilannya adalah ketika remaja yang menjadi objek program, menanyakan, menunggu dan menanti kegiatan-kegiatan lainnya.
o    CP (Chair Period) = Tahapan Kursi (duduk)
Merupakan tahap memperdalam pemberian informasi program genre melalui bakat dan minat remaja (Disesuaikan sesuai tempat dan wilayah). Dengan patokan B3C (Belajar-Berlatih-Berkarya dan Ceria), dapat diaplikasikan dengan adanya pelatihan-pelatihan keterampilan (Lifeskill)
Tujuan dari tahap ini adalah untuk membekali remaja dengan keterampilan bakat dan minat yang tentunya sesuai dengan konsep program genre. Tolak ukur keberhasilannya adalah ketika remaja sudah bisa berlatih menerapkan dan menjalanankan keterampilan bakat minat yang dimilikinya menjadi sebuah karya.
o    LP (Lamp Period) = Tahapan Lampu (Penerangan)
Pada tahap ini remaja diarahkan untuk bisa mempromosikan dan menjual ketrampilannya sesuai minat bakat. Remaja tersebut juga diarahkan untuk bisa menjalin hubungan/ advokasi dalam rangka mengembangkan ketrampilan / karyanya.
Tujuan tahap ini adalah agar remaja memiliki ketrampilan sesuai bakat minat dan keterampilannya tersebut bernilai jual. Tolak ukur dapat dilihat jika keterampilannya disukai, bermanfaat dan diterima oleh banyak orang

b.    Advokasi (Kerjasama & Kemitraan)
1.      Gopro (Genre On Corporation)
Bekerjasama dengan lintas lembaga/organisasi/komunitas dalam mengkapanyekan program genre dengan tujuan untuk memperluas sasaran program, seperti :
§  Sosialisasi Program GenRe pada Kegiatan OSPEK Univertitas bekerjasama dengan BEM
§  Mini Talkshow pada Kegiatan Pertemuan Rutin bekerjasama dengan IPNU –IPPNU/ PMII/ KSR/BEM Fakultas
§  POS informasi dan Konseling pada Kegiatan Geral Informasi Publik bekerjasam dengan PPKS Asri Kencana Wonosobo
§  Pelatihan Enterpreneur bekerjasama dengan Pokja I TP PKK Kabupaten Wonosobo dll.
§  Sosialisasi Program GenRe pada Kegiatan Apresiasi seni Rekanan Giyanti bekerjasam dengan Paguyuban Mas Mbak Wonosobo.

2.      Gema (Genre In Media)
Kegiatan ini bertujuan sebagai percepatan serta penyebarluasan dalam promosi program genre yang meliputi :
§  Mini Kuis GenRe dilaksanakan setiap hari minggu (di WA group dan Intagram)
§  Talkshow radio program Suara Muda Citra FM
§  Talkshow radio program Warna Warni Pesona FM
§  Pembuatan Konten Media seputar remaja
c.    Sosialisasi dan Kaderisasi
1.   Geol (Genre Ke Sekolah)
Mengenalkan program genre dan PIKR ke sekolah-sekolah. Dilakukan rutin setiap PPDB SMP/SMA
2.   Gelas (Genre Kesetiap Fakultas)
Promosi program genre kesetiap fakultas di UNSIQ
3.   Pemda (Pemilihan Duta)
Dalam rangka mengapresiasi keaktifan anggota PIKR maka diadakan pemilihan DUTA Genre Setiap tahun di tingkat Universitas
4.   PIK-KU (Kunjungan PIK)
Melakukan study banding pik dalam rangka evaluasi diri serta membaha issue dan permasalahan remaja terkini

Komentar

Postingan Populer